Senin, 24 Oktober 2011

Pendahuluan Mekanika Fluida

Deskripsi

Mekanika fluida adalah salah satu cabang ilmu mekanika terapan ang digunakan untk menyelidiki, menganalisis, serta mempelajari sifat dan kelakuan  fluida. Fluida yang ditelaah dapat merupakan fluida yang bergerak atau diam, atau akibat yang ditimbulkan oleh fluida itu pada batasnya.

Fluida adalah suatu zat yang mempunyai kemampuan berubah atau mudah berdeformasi apabila mengalami geseran, atau mempunyai reaksi terhadap tegangan geser sekecil apapun.

Dalam keadaan diam atau dalam keadaan keseimbangan, fluida tidak mampu menahan gaya geser yang bekerja padanya, oleh karena itu fluida mudah berubah bentuk tanpa pemisah massa.

Zat dibedakan dalam 3 keadaan dasar, yaitu :
  1. Fase padat, zat mempertahankansuatu bentuk dan ukuran yang tetap, sekalipun suatu gaya yang besar dikerjakan pada benda padat
  2. Fase cair, zat tidak mempertahankan bentuk yang tetap melainkan mengikuti bentuk wadahnya, tidak mudah di mampatkan, volume dapat berubah jika di kerjakan gaya yang besar
  3. Fase gas, zat tidak mempunyai bentuk maupun volume yang tetap, tetapi akan berkembang mengisi seluruh wadahnya
Karena fase cair dan gas mudah terdeformasi dan mempunyai kemampuan untuk mengalir dengan demikian disebut fluida.

Analisa Dimensional

Dimensi : Parameter yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sifat-sifat atau karakteristik objek fisis.
  1. Massa ( M )
  2. Panjang ( L )
  3. Waktu ( T )
Satuan : Suatu variabel besaran fisis dari hasil kesepakatan bersama atau perjanjian yang berhubungan dengan standar terentu yang penggunaanya harus konsisten menurut sistem satuan yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar